Skip to main content

Cara Pintar Browsing Internet Dengan RSS Feeds

Anda tidak mau ketinggalan informasi terbaru dari sebuah situs berita online atau bahkan anda juga ingin agar setiap ada update artikel terbaru dari sebuah weblog anda mengetahuinya tanpa perlu membuka weblog bersangkutan ???
RSS
Dengan memanfaatkan fasilitas Rss dari sebuah situs berita online atau  weblog yang mendukung Rss , maka kita bisa lebih menghemat penggunaan internet dan juga menghemat waktu anda.

Namun sebelumnya saya jelaskan dulu apa itu Rss , berikut kutipan dari wikipedia.org.
RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa protokol:

* Rich Site Summary (RSS 0.91)
* RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
* Really Simple Syndication (RSS 2.0)



Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.


So, dengan memanfaatkan fitur Rss pada sebuah weblog atau situs lainnya maka kita bisa mengetahui minimal judul dari update terbaru situs/weblog tersebut.

Lalu bagaimana caranya agar kita mengetahui suatu situs mempunyai Rss feeds?? Sangat mudah sekali, bila anda menggunakan Firefox, coba anda lihat pada ujung kanan address bar blog ini, disana terlihat icon kuning. Nah itu menandakan bahwa blog ini mempunyai fitur Rss. Lihat gambar ini

Rss Feeds

Contoh untuk berlangganan Rss pada blog ini anda tinggal klik saja ikon tersebut, dan pilih salah satunya misal "Subscribe to NeoTutorial Latest Post". Dan akan tampil dialog konfirmasi seperti gambar di bawah ini  lalu klik Subscribe.

Rss Feeds

Rss Feeds

Dan sebuah toolbar baru akan muncul di browser firefox anda. Klik untuk melihat judul postingan terbaru dari blog ini. Toolbar tersebut juga akan otomatis mengupdate bila ada postingan atau update terbaru dari blog ini.

Rss Feeds

Beberapa blog juga biasanya menyediakan link khusus untuk subcribe rss  pada halaman blognya. Lihat pada sidebar sebelah kanan atas blog ini. Disitu saya juga menyediakan link untuk subcribe Rss dengan tulisan "Subscribe in Reader". Dan dengan membuka link tersebut maka otomatis juga sebuah Toolbar baru akan berada di browser anda. Untuk situs lainnya, caranya tak jauh beda.

Cara lain untuk membaca Rss feeds adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan, contohnya yang saya gunakan adalah program FeedReader dari http://www.feedreader.com yang bisa anda download di http://www.feedreader.com/download.

Dengan tambahan program seperti feedreader ini maka kita bisa membaca headlines terbaru dari banyak situs berita atau weblog hanya pada satu program tersebut. Dan tentu saja menghemat waktu dan menghemat penggunaan bandwith internet anda, dan tentu saja lebih cepat karena kita hanya melihat potongan beritanya saja. Dan bila kita tertarik dengan berita atau update terbarunya, anda tinggal klik saja dan otomatis anda akan di bawa ke situs atau weblog bersangkutan.

Nah begitu mudahnya bukan untuk mengetahui update terbaru dari sebuah siitus. Semoga bermanfaat tutorialnya :)


mengetahui rss feed blog, cara browsing internet, cara melihat rss di firefox, cara update rss, contoh RSS feed (for Latest Posts), situs yang mendukung RSS feed, situs yg mendukung rss feed

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengembalikan Teman Facebook yang Disembunyikan

Mungkin diantara anda ada yang masih bingung cara untuk mengembalikan teman yang di hide/sembunyikan di facebook. Trik berikut adalah cara agar teman yang telah disembunyikan di halaman beranda / home facebook bisa muncul kembali di halaman tersebut. Setelah anda login ke halaman beranda/home facebook anda, geser scrollbar browser anda hingga ke bagian paling bawah.

Candy Crush Error Connect Facebook

Siapa yang kenal dengan game android yang satu ini, mungkin hampir tiap orang pernah main atau setidaknya melihat temannya sendiri memainkan game ini. Yupz Candy Crush Soda Saga, salah satu game yang cukup populer dikalangan pengguna android. Game yang cukup ringan namun memang terbukti seru untuk mengisi kesenggangan waktu apalagi disaat bulan puasa seperti saat ini. Sedikit kutipan dari Google play mengenai game ini Candy Crush Soda Saga is a brand new game from the makers of the legendary Candy Crush Saga. New candies, more divine combinations and challenging game modes brimming with purple soda! Candy Crush Soda Saga is completely free to play, but some in-game items such as extra moves or lives will require payment.

Setting Privacy Facebook Agar Recent Activity Tidak Terlihat

Dikarenakan adanya pengaturan privacy baru pada facebook, so trik ini sudah tidak bisa lagi di terapkan pada pengaturan privacy anda. Cara alternatif lain agar tetap bisa facebookan dengan nyaman saya sarankan menggunakan Tweetdeck. Silahkan baca Facebook Via Tweetdeck untuk tata cara instalasi tweetdeck :D. New Update - April 2011 Facebook dengan tampilan halaman beranda/home baru, membuat semua aktivitas teman bisa terlihat di halaman beranda/home kita. Dan hal ini membuat halaman beranda/home facebook kita jadi penuh dengan aktivitas teman yang lain yang kita sendiri sebetulnya tidak mau tau apa yang teman kita kerjakan.