Skip to main content

Solusi Komputer Restart

Pernah mungkin diantara anda semua mengalami hal ini, ketika kita menyalakan komputer dengan OS Windows tentunya, namun booting hanya sampai pada tampilan progress bar loading saja lalu komputer mati dan kembali melakukan restart.

Sebenarnya banyak kemungkinan yang menyebabkan hal ini terjadi. Diantaranya, bisa saja komputer terkena virus, atau mungkin juga dikarenakan adanya bad sector pada harddisk atau juga ada salah satu file system yang korup atau rusak.

Dari yang saya pernah alami ketika komputer selalu restart, hal yang pertama untuk memperbaiki restart pada komputer adalah dengan masuk kepilihan start up dan memilih opsi Last Known Good Configuration....

Caranya setelah komputer dinyalakan dan sebelum masuk ke tampilan progress bar loading windows, anda tekan F8 pada keyboard sampai ada opsi untuk memilih cara start up. Lalu Pilih pada Last Known Good Configuration....

Bila cara tersebut belum berhasil, coba anda ulangi langkah tadi dari awal hingga tampil opsi start up. Dan sekarang coba anda pilih Safe Mode. Dan biarkan hingga masuk ke windows namun dengan tampilan yang tidak biasanya. Huruf serta Icon menjadi besar dan background hanya berwarna hitam. Biarkan saja tidak usah dipikirkan. Karena pada Safe Mode, windows tidak meload tema yang biasa anda pakai.

Klik pada START ► Programs ► Accessories ► System Tools dan pilih System Restore. Dan akan terbuka sebuah program windows bernama system restore.

Sebelumnya saya jelaskan dulu apa itu sytem restore.
System restore adalah sebuah program bawaan windows yang berguna untuk mengembalikan keadaan sistem ke sebuah titik dimana pada titik tersebut windows berjalan secara normal. Dan System restore juga mencatat pada saat ada perubahan pada system windows atau dikenal dengan restore point. Contoh : ketika kita menginstall sebuah software atau driver maka otomatis system restore mencatat hal tersebut dan membuat restore point sebelum penginstallan tersebut.

BTT (baca: Back To Topic) :D, Setelah program system restore tadi terbuka, disana ada 3 pilihan radio button yang bisa anda pilih diantaranya :
1. Restore my computer to an earlier time

2. Create Restore Point

3. Undo my last restoration

Anda pilih saja pilihan yang kesatu yaitu Restore my computer to an earlier time. Lalu klik pada Next dan pada pilihan berikutnya anda disuguhkan dengan pilihan kalendar, kemudian cari sebuah tanggal dengan angka yang ditebalkan. Lihat pada gambar dibawah ini.



Pada contoh gambar saya hanya tanggal 17, 12 dan 5  yang mempunyai restore point. So pilih saja yang tanggal 17, kenapa bukan yang 12 atau 5??? bisa saja kita pilih restore point pada tanggal 12 atau 5 seperti pada gambar, namun itu akan membuat komputer kita kembali ke settingan pada tanggal tersebut. Jadi baiknya pilih tanggal yang berdekatan dengan hari ini saja. Karena pada kasus ini kita hanya ingin agar komputer kita tidak terus-menerus restart.

Setelah selesai pilih pada tombol Next dan bila anda sudah yakin ingin mengembalikan settingan komputer pada tanggal tersebut silahkan anda pilih Next lagi dan komputer pun akan melakukan penyimpanan ulang pada system anda lalu melakukan restart hingga komputer anda kembali normal dan menyala seperti biasanya.

Bila dua cara tersebut belum juga bisa memecahkan masalah restart terus-menerus pada komputer anda, mungkin jalan terbaiknya adalah dengan melakukan repair pada windows anda, dan tentunya anda juga harus mempunyai CD instalasi Windows beserta Keys nya dan tentu saja anda juga harus tau cara repair windows.

Masih gagal dengan cara install ulang, :P silahkan anda bawa komputer anda pada ahlinya.:)

Dan terakhir, tutorial ini saya tujukan hanya bagi anda yang mungkin ingin mencoba memperbaiki komputer anda sendiri tanpa bantuan orang lain.Dan tulisan ini pun saya buat menurut pengalaman saya pribadi ketika komputer terus-menerus melakukan restart.

Dan bagi anda yang sudah sangat mengerti(Advanced) tentang komputer dan system operasi windows, bila ada kata-kata saya yang salah atau ada yang kurang mohon untuk diperbaiki dengan menambahkan komentar anda di bawah ini. Cheers :)


komputer restart ketika masuk windows, penyebab komputer restart terus, solusi komputer restart terus, memperbaiki komputer restart, komputer restart terus menerus, merestore settingan komputer setiap restart, solusi Pc restart sebelum masuk windows, komputer restart sebelum masuk windows, pc restart terus menerus dan masuk pada safe mode, memperbaiki komputer yang restart terus menerus, komputer restart loading windows, mengembalikan setingan PC ke restore point, cara memperbaiki komputer yang restart terus, solusi computer restart terus menerus, virus yang membuat komputer restart, cara mengatasi komputer restart terus, cara memperbaiki komputer restart sendiri, penyebab komputer restart terus dan cara mengatasinya, mengatasi masalah pada komputer yang restart sebelum masuk windows, menghilangkan recent activity di facebook bar, solusi jika komputer restart sendiri

Comments

  1. Apa tidak ada kemungkinan pada masalah hardware?. Anyway, tutorialnya mantap, blognya jg. Thanks ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengembalikan Teman Facebook yang Disembunyikan

Mungkin diantara anda ada yang masih bingung cara untuk mengembalikan teman yang di hide/sembunyikan di facebook. Trik berikut adalah cara agar teman yang telah disembunyikan di halaman beranda / home facebook bisa muncul kembali di halaman tersebut. Setelah anda login ke halaman beranda/home facebook anda, geser scrollbar browser anda hingga ke bagian paling bawah.

Candy Crush Error Connect Facebook

Siapa yang kenal dengan game android yang satu ini, mungkin hampir tiap orang pernah main atau setidaknya melihat temannya sendiri memainkan game ini. Yupz Candy Crush Soda Saga, salah satu game yang cukup populer dikalangan pengguna android. Game yang cukup ringan namun memang terbukti seru untuk mengisi kesenggangan waktu apalagi disaat bulan puasa seperti saat ini. Sedikit kutipan dari Google play mengenai game ini Candy Crush Soda Saga is a brand new game from the makers of the legendary Candy Crush Saga. New candies, more divine combinations and challenging game modes brimming with purple soda! Candy Crush Soda Saga is completely free to play, but some in-game items such as extra moves or lives will require payment.

Browsing Internet Dengan Lynx Text Browser

Sebelumnya saya jelaskan dulu apa itu Lynx Text Browser Lynx adalah salah satu standar text browser dan harus dimiliki oleh para web designer untuk memeriksa asesibilitas web yang mereka buat. Dan meskipun banyak alternatif lain, Lynx tetap menjadi titik acuan standar text browser. Browser grafis yang menawarkan emulasi text browser, bukan merupakan alternatif yang bisa diandalkan. Lynx adalah produk dari Distributed Computing Group pada Academic Computing Services dari University of Kansas, dan pada awalnya dikembangkan pada 1992 oleh tim mahasiswa di universitas (Lou Montulli, Michael Grobe dan Charles Rezac) sebagai sebuah hypertext browser yang digunakan semata-mata untuk mendistribusikan informasi kampus sebagai bagian dari Campus-Wide Information Server. Pada tahun 1993 ditambahkan Montulli Internet antarmuka dan merilis versi baru (2,0) dari browser. [1] [2] Garrett Blythe menciptakan DosLynx dan kemudian bergabung dengan Lynx. Pada tahun 1995, Lynx dirilis di bawah GNU General