PC Crash Saat Bermain Game

Sudah lama saya tidak menulis di blog ini, entah kenapa beberapa hari ke belakang perasaan saya jadi pemalas banget, apa mungkin dikarenakan cuaca juga kali ya, hehe :D. Saking malasnya bahkan sampai-sampai hampir saja saya format ulang komputer kesayangan dikarenakan tidak bisa dipakai untuk bermain game ringan seperti bounce, billiard dan lainnya. Padahal sebetulnya hanya dengan membersihkan debu yang menempel pada bagian CPU, Mainboard dan kawan-kawan masalahnya bisa selesai.

Awal mulanya, dikarenakan suntuk dan BT abis saya coba untuk bermain game ringan yang biasa saya mainkan disaat jenuh dan malas mulai datang. Namun entah kenapa sebelum saya bisa memainkan game tersebut, komputer malah not responding(hang, crash).

Sempat heran juga karena biasanya komputer tidak pernah hang saat memainkan game tersebut. Lalu saya coba untuk mendiagnosa masalah ini dengan menjalankan perintah DXDIAG pada kotak perintah run, dan lantas mencoba opsi Test Direct3D pada tab display, dan hasilnya ternyata lagi-lagi komputer hang.

Seperti biasa rasa penasaran muncul dan saya coba tanya sama mbah dukun, oops maksudnya mbah Google, karena biasanya masalah komputer bisa saya selesaikan dengan bertanya sama mbah, hehehe. Dari hasil penelusuran google ini saya mendapat referensi dari beberapa situs dan forum kalau hal ini bisa di sebabkan oleh Directx milik windows, dan solusinya harus reinstall directx ini.

Saya coba ikuti petunjuk untuk reinstall directx tersebut, namun setelah semua selesai tetap saja komputer crash. Dan akhirnya saya putuskan untuk me-repair windows xp, dengan harapan masalah ini bisa selesai bila windows-nya kembali fresh.

Setelah kurang lebih satu jam, selesai juga proses repair windows-nya. Tanpa pikir panjang langsung saja saya test lagi direct3D-nya, dan ternyata hasilnya masih tetap sama. Sebetulnya saya sudah putus harapan, jangan-jangan memang harus format ulang Plus install ulang windows-nya untuk mengatasi masalah ini.

Namun sebelum hal tersebut saya lakukan, saya pikir mungkin juga ada kelainan dengan hardware komputer saya, karena sudah terlalu lama tidak pernah saya tengok daleman CPU (saking malesnya) :D. Karena masih penasaran, akhirnya mau tidak mau saya buka juga casing penutup CPU, dan ternyata debu di dalamnya sudah seperti di padang pasir :D.

Dengan sedikit malas yang tersisa akhirnya saya coba membuka satu-persatu hardware mulai dari Hard Disk, RAM, Video Card, CD ROM dan Proccesor. Lalu saya coba bersihkan semua debu tersebut yang menempel pada hardware tersebut.

Dan finally, setelah proses pembersihan tersebut, akhirnya game kesayangan bisa dimainkan kembali, walau mungkin butuh perjuangan untuk dapat memainkan game ini :D.

Dan dari pengalaman ini saya jadi berpikir, kenapa tidak dari awal saja saya bersihkan CPU-nya, dan tidak perlu melakukan repair OS. Dan untungnya saya tidak melakukan format ulang, karena bila saya melakukan format ulang maka prosesnya akan memakan waktu lama, dikarenakan configurasi komputer harus diatur ulang plus harus install beberapa software lainnya yang biasa saya pakai yang jumlahnya cukup banyak.

But, sekarang semuanya sudah normal lagi. Dan bagi anda yang mengalami hal yang sama seperti yang saya alami, tidak ada salahnya anda mencoba membersihkan dulu hardware anda sebelum melakukan perbaikan pada sisi software. Semoga berguna yach..!

0 comments:

Post a Comment

Hide Sidebar
Show Sidebar