Skip to main content

Cara Proteksi Folder Di Windows XP

Tutorial ini adalah cara lain agar file yang ada di dalam folder kita bisa aman dari jangkauan orang-orang yang jahil atau mungkin dari virus lokal yang menjengkelkan.

Cara ini menurut saya pribadi lebih aman dari pada kita menyembunyikan file dengan memberi attribute Super Hidden.

Karena dengan cara ini kita sendiri tidak bisa mengakses folder tersebut, seperti layaknya anda hendak mengakses folder System Volume Information, kita akan mendapatkan error accessing folder.

Tapi mungkin cara ini tidak terlalu aman, terutama bagi mereka yang sudah mengetahuinya atau sudah membaca dari blog ini. tapi.... masih ada tapinya nih :D, cara ini cukup aman dari mereka yang masih awam tentang windows, hehe.

Langsung saja ke tutorial.
Pertama yang harus anda lakukan adalah membuka pengaturan folder option pada explorer anda, caranya dari menu Tools>>Folder Option atau dari Control Panel pilih Folder Option

Setelah terbuka pindah ke Tab View lalu geser Scrolbar hingga ke bawah dan cari "Use Simple File Sharing", lihat gambar untuk jelasnya, lalu hilangkan centang pada bagian tersebut dan klik Ok.


Selanjutnya Klik Kanan pada folder yang hendak anda proteksi dan pilih Properties
lalu pindah ke Tab Security


Klik pada Nama user anda, di kotak Group or User names
dan centang semua pada pilihan Deny, lihat gambar.


Setelah anda klik Apply akan muncul konfirmasi, dan anda pilih Yes.



Setelah langkah di atas selesai sekarang kita kembali lagi ke settingan Folder Option
dan kembalikan pengaturan "Use Simple File Sharing" ke asalnya A.K.A di centang lagi, lalu klik Ok


Sekarang saatnya kita mencoba membuka folder kita tadi dan folder anda pun tidak bisa di akses


Mungkin bagi mereka yang awam akan mencari tahu kenapa folder tersebut bisa terproteksi
dan mungkin akan mencoba melihat properties folder tersebut, namun jangan khawatir karena tampilan folder propertiesnya pun sudah kembali keadaan semula. So mereka tidak akan menemukan settingannya, kecuali mereka langsung googling dengan pesan errornya :D.


Apakah berguna tutorial untuk memproteksi folder anda ini?
jika ada masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan komentar,
tapi maaf banget kalo jawabnya lama, soalnya jarang-jarang nengokin blog sendiri,... hehehe.
See You....... !!!!

Comments

  1. thanks, info yg sangat membantu.....
    moga sukses slalu.~

    ReplyDelete
  2. bagaimana kita sendiri klo mo buka folder tersebut?

    ReplyDelete
  3. Trus cara mengembalikan seperti semula gimana bro...???

    ReplyDelete
  4. iy gan gmn cara bukanya,,, g bs nie....

    ReplyDelete
  5. oya...oya...gawat ni.....bisa ngunci....tp gk bisa dibuka....gmn cara buka. File yg saya protect justru file yang penting.....

    ReplyDelete
  6. Tenang-tenang...... :D

    Kalau pake logika sih ga susah buka nya, hehe.....kidding

    Buat balikinnya sama aja kyk cara di atas.
    Langkahnya pun sama
    Cuman pilihan Deny diganti sama Allow

    moga membantu :)

    ReplyDelete
  7. betul kata Neoandini, caranya seperti yang pertama tinggal hilangkan centrangnya pada "Deny" di Tab Security. tinggal OK deh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengembalikan Teman Facebook yang Disembunyikan

Mungkin diantara anda ada yang masih bingung cara untuk mengembalikan teman yang di hide/sembunyikan di facebook. Trik berikut adalah cara agar teman yang telah disembunyikan di halaman beranda / home facebook bisa muncul kembali di halaman tersebut. Setelah anda login ke halaman beranda/home facebook anda, geser scrollbar browser anda hingga ke bagian paling bawah.

Candy Crush Error Connect Facebook

Siapa yang kenal dengan game android yang satu ini, mungkin hampir tiap orang pernah main atau setidaknya melihat temannya sendiri memainkan game ini. Yupz Candy Crush Soda Saga, salah satu game yang cukup populer dikalangan pengguna android. Game yang cukup ringan namun memang terbukti seru untuk mengisi kesenggangan waktu apalagi disaat bulan puasa seperti saat ini. Sedikit kutipan dari Google play mengenai game ini Candy Crush Soda Saga is a brand new game from the makers of the legendary Candy Crush Saga. New candies, more divine combinations and challenging game modes brimming with purple soda! Candy Crush Soda Saga is completely free to play, but some in-game items such as extra moves or lives will require payment.

Browsing Internet Dengan Lynx Text Browser

Sebelumnya saya jelaskan dulu apa itu Lynx Text Browser Lynx adalah salah satu standar text browser dan harus dimiliki oleh para web designer untuk memeriksa asesibilitas web yang mereka buat. Dan meskipun banyak alternatif lain, Lynx tetap menjadi titik acuan standar text browser. Browser grafis yang menawarkan emulasi text browser, bukan merupakan alternatif yang bisa diandalkan. Lynx adalah produk dari Distributed Computing Group pada Academic Computing Services dari University of Kansas, dan pada awalnya dikembangkan pada 1992 oleh tim mahasiswa di universitas (Lou Montulli, Michael Grobe dan Charles Rezac) sebagai sebuah hypertext browser yang digunakan semata-mata untuk mendistribusikan informasi kampus sebagai bagian dari Campus-Wide Information Server. Pada tahun 1993 ditambahkan Montulli Internet antarmuka dan merilis versi baru (2,0) dari browser. [1] [2] Garrett Blythe menciptakan DosLynx dan kemudian bergabung dengan Lynx. Pada tahun 1995, Lynx dirilis di bawah GNU General