Skip to main content

The Following File is Missing or Corrupt

Beberapa hari yang lalu saya sempat disibukan dan dikarenakan pc kesayangan tidak mau masuk ke Sistem Operasi.

Monitor hanya menampilkan background hitam dengan sebuah kalimat
Windows could not start because the following file is missing or corrupt:
\WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG\SYSTEM

You can attempt to repair this file by starting Windows Setup using the original Setup CD-ROM.
Select "r" at the first screen to start repair.




Panik sesaat karena kebetulan saat itu saya sedang ada pekerjaan yang harus cepat diselesaikan. Plus lebih panik lagi karena ternyata saya sudah tidak punya CD Installer Windows lagi :(.

Penasaran dengan CD Installer Windows tersebut saya coba cari lagi di koleksi CD Software yang saya miliki, namun tetap saja CD tersebut tidak ada, yang ada hanya CD Installer Windows XP SP1 dan SP2 sedang yang saya pakai saat ini Windows XP SP3.

Terdiam sesaat plus agak bingung juga karena saya tidak bisa mengakses file di PC saya untuk melihat apakah file-file penting masih aman ditempatnya.

Namun beberapa menit kemudian, saya teringat kalau PC saya menggunakan Dual Boot, Windows XP dan Ubuntu, tersenyumlah saat itu, karena ternyata saya sendiri tidak ingat kalau PC saya masih bisa diakses menggunakan Ubuntu saya yang kebetulan masih versi 10.04.

Dan kemudian setelah saya berhasil login ke komputer menggunakan Ubuntu, saya teringat kalau dulu punya sebuah catatan tentang berbagai cara memperbaiki Windows yang rusak atau tidak bisa booting tanpa install ulang.

Setelah beberapa saat mencari akhirnya ketemu juga, berikut catatan kecil yang membantu Windows kembali hidup tanpa harus install ulang.
Jika Anda mendapatkan error dengan tulisan:

Windows could not start because the following files is missing or corrupt
\WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG\SYSTEM or \WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG\SOFTWARE"

- Masukkan CD Windows XP dan booting dari CD tersebut.
- Pada saat muncul opsi R=Repair yang pertama, tekan tombol R.
- Tekan angka sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang ingin diperbaiki yang sesuai.
- Biasanya #1
- Masukkan password administrator jika diperlukan.
- Tulis: cd \windows\system32\config
- Berikutnya tergantung di bagian mana letak terjadinya kerusakan:
- Tulis: ren software software.rusak ATAU ren system system.rusak
- Berikutnya lagi juga tergantung di bagian mana letak terjadinya kerusakan:
- Tulis: copy \windows\repair\system
- Tulis: copy \windows\repair\software
- Keluarkan CD Anda dan ketikkan EXIT

Entah dari web atau blog mana tulisan tersebut, karena sudah berbentuk text file(*.txt) jadi tidak ada alamat url internet yang ditemukan pada catatan tersebut. Namun yang pasti saya sangat berterima kasih pada siapapun yang menulis tulisan tersebut :D.

Pada catatan tersebut saya diharuskan mengganti file yang rusak dengan yang baru, namun tetap harus menggunakan CD Installer Windows. Namun karena tidak mempunyai CD Installer tersebut, so saya rename dan copy file system tersebut menggunakan File Explorer Ubuntu. Yaitu dengan mengakses folder Windows saya, dan menyalin file System yang masih fresh di folder \windows\repair\ dan memasukan file tersebut ke \windows\system32\config\.

Setelah selesai, langsung saya coba restart dan hasilnya, ahaha ternyata berhasil masuk windows lagi, namun Windows langsung melakukan Check Disk sebelum akhirnya masuk ke Desktop Windows.
berikut screenshot saat Windows melakukan check disk dan Recovering Orphaned-File.



Setelah selesai dan berhasil masuk kembali ke Desktop Windows, ternyata beberapa program dan driver menjadi tidak berjalan seperti biasanya, seperti Anti Virus, Firewall, Driver VGA, Driver Audio serta yang lainnya.

Mau tidak mau terpaksa dech melakukan repair pada beberapa program dan driver tersebut.

Dan finally, Windows saya sekarang bisa berjalan normal kembali setelah beberapa saat sebelumnya agak tegang juga, :D.
Itu saja mungkin satu pengalaman saya yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda pengunjung NeoTutorial yang kebetulan atau suatu saat nanti mengalami hal yang sama seperti saya.

Comments

  1. itu cd os sp3nya ada opsi r nya ga gan ?

    ReplyDelete
  2. Baik XP SP3 atau versi di bawahnya, pasti ada opsi repair(R) di CD Instalasi nya gan!!!
    :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengembalikan Teman Facebook yang Disembunyikan

Mungkin diantara anda ada yang masih bingung cara untuk mengembalikan teman yang di hide/sembunyikan di facebook. Trik berikut adalah cara agar teman yang telah disembunyikan di halaman beranda / home facebook bisa muncul kembali di halaman tersebut. Setelah anda login ke halaman beranda/home facebook anda, geser scrollbar browser anda hingga ke bagian paling bawah.

Candy Crush Error Connect Facebook

Siapa yang kenal dengan game android yang satu ini, mungkin hampir tiap orang pernah main atau setidaknya melihat temannya sendiri memainkan game ini. Yupz Candy Crush Soda Saga, salah satu game yang cukup populer dikalangan pengguna android. Game yang cukup ringan namun memang terbukti seru untuk mengisi kesenggangan waktu apalagi disaat bulan puasa seperti saat ini. Sedikit kutipan dari Google play mengenai game ini Candy Crush Soda Saga is a brand new game from the makers of the legendary Candy Crush Saga. New candies, more divine combinations and challenging game modes brimming with purple soda! Candy Crush Soda Saga is completely free to play, but some in-game items such as extra moves or lives will require payment.

Browsing Internet Dengan Lynx Text Browser

Sebelumnya saya jelaskan dulu apa itu Lynx Text Browser Lynx adalah salah satu standar text browser dan harus dimiliki oleh para web designer untuk memeriksa asesibilitas web yang mereka buat. Dan meskipun banyak alternatif lain, Lynx tetap menjadi titik acuan standar text browser. Browser grafis yang menawarkan emulasi text browser, bukan merupakan alternatif yang bisa diandalkan. Lynx adalah produk dari Distributed Computing Group pada Academic Computing Services dari University of Kansas, dan pada awalnya dikembangkan pada 1992 oleh tim mahasiswa di universitas (Lou Montulli, Michael Grobe dan Charles Rezac) sebagai sebuah hypertext browser yang digunakan semata-mata untuk mendistribusikan informasi kampus sebagai bagian dari Campus-Wide Information Server. Pada tahun 1993 ditambahkan Montulli Internet antarmuka dan merilis versi baru (2,0) dari browser. [1] [2] Garrett Blythe menciptakan DosLynx dan kemudian bergabung dengan Lynx. Pada tahun 1995, Lynx dirilis di bawah GNU General