Skip to main content

Update Wordpress 2.9

Wordpress Logo

Hari ini ternyata Wordpress 2.9 resmi dirilis, dengan ditandainya pesan di dashboard agar segera update ke versi baru ini. Tanpa pikir panjang langsung aja klik tombol update dan hanya kurang lebih 5 menit, sudah selesai semua.

Namun ada yang aneh setelah proses update tadi. Situs ini jadi memunculkan error pada header-nya. Ternyata saya sendiri yang teledor :D, sebenarnya error tersebut dikarenakan pada versi sebelumnya saya menyisipkan sebuah script pada file function.php dan setelah update sepertinya file tersebut tertimpa.

Akhirnya saya coba untuk memodifikasi lagi file function tersebut dengan cara upload dari cPanel, soalnya program FTP kesayangan ga mau konek. Selesai upload langsung cek lagi dan ternyata sekarang malah bikin pusing lagi, errornya ada pada file function yang baru saja saya upload.

Terdiam sesaat dan memikirkan dimana letak kesalahannya. Akhirnya, ditemukan juga kesalahannya, lagi-lagi saya sendiri yang salah upload file. Ternyata file function tadi yang saya upload bukan untuk versi 2.9 melainkan versi 2.9 RC1 :D. Setelah diketahui letak kesalahannya akhirnya saya coba cari file function untuk versi 2.9 dan sayangnya lagi saya sendiri belum download dari wordpress.org. Soalnya tadi saat saya update saya pilih automatic jadinya file updatenya tidak tersimpan di komputer saya. Saya putuskan untuk download versi terbaru tersebut, dengan koneksi yang sedang lemot abis akhirnya kelar juga download filenya.

Tanpa pikir panjang langsung dech, modify file functionnya and upload ulang. Dan akhirnya situs ini normal lagi :P, setelah mungkin tadi kurang lebih 20-30 menit error terus xixixixi.... :D.

Btw, ternyata ada penambahan fitur baru pada wordpress 2.9 ini, dan diantaranya adalah dengan di tambahkannya fitur embed video seperti youtube dengan hanya menambahkan url videonya saja, contoh:
http://www.youtube.com/watch?v=nTDNLUzjkpg

dengan hanya memasukan urlnya saja maka wordpress akan secara otomatis memasukan code embed.

Selain itu juga anda bisa secara manual memasukan code [embed] untuk memasukan video secara manual. Dan berikut beberapa situs directory video yang support dengan kode embed wordpresss
Selain fitur embed tersebut wordpress juga menambahkan Built-in image editor, yang merupakan fasilitas baru dan berguna untuk crop, edit, flip, dan scale images yang anda upload.

Satu lagi yang telah ditambahkan wordpress versi baru ini adalah dengan di tambahkannya rel=canonical untuk SEO. So yang sudah memasang rel=canonical sebelumnya secara manual, maka pada versi ini ada baiknya anda hapus settingan manual tersebut.

Selengkapnya tentang fitur apa saja yang di tambahkan wordpress 2.9 silahkan anda baca di http://wordpress.org/development/2009/12/wordpress-2-9/. :D

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengembalikan Teman Facebook yang Disembunyikan

Mungkin diantara anda ada yang masih bingung cara untuk mengembalikan teman yang di hide/sembunyikan di facebook. Trik berikut adalah cara agar teman yang telah disembunyikan di halaman beranda / home facebook bisa muncul kembali di halaman tersebut. Setelah anda login ke halaman beranda/home facebook anda, geser scrollbar browser anda hingga ke bagian paling bawah.

Candy Crush Error Connect Facebook

Siapa yang kenal dengan game android yang satu ini, mungkin hampir tiap orang pernah main atau setidaknya melihat temannya sendiri memainkan game ini. Yupz Candy Crush Soda Saga, salah satu game yang cukup populer dikalangan pengguna android. Game yang cukup ringan namun memang terbukti seru untuk mengisi kesenggangan waktu apalagi disaat bulan puasa seperti saat ini. Sedikit kutipan dari Google play mengenai game ini Candy Crush Soda Saga is a brand new game from the makers of the legendary Candy Crush Saga. New candies, more divine combinations and challenging game modes brimming with purple soda! Candy Crush Soda Saga is completely free to play, but some in-game items such as extra moves or lives will require payment.

Setting Privacy Facebook Agar Recent Activity Tidak Terlihat

Dikarenakan adanya pengaturan privacy baru pada facebook, so trik ini sudah tidak bisa lagi di terapkan pada pengaturan privacy anda. Cara alternatif lain agar tetap bisa facebookan dengan nyaman saya sarankan menggunakan Tweetdeck. Silahkan baca Facebook Via Tweetdeck untuk tata cara instalasi tweetdeck :D. New Update - April 2011 Facebook dengan tampilan halaman beranda/home baru, membuat semua aktivitas teman bisa terlihat di halaman beranda/home kita. Dan hal ini membuat halaman beranda/home facebook kita jadi penuh dengan aktivitas teman yang lain yang kita sendiri sebetulnya tidak mau tau apa yang teman kita kerjakan.