Update Wordpress 2.9

Wordpress Logo

Hari ini ternyata Wordpress 2.9 resmi dirilis, dengan ditandainya pesan di dashboard agar segera update ke versi baru ini. Tanpa pikir panjang langsung aja klik tombol update dan hanya kurang lebih 5 menit, sudah selesai semua.

Namun ada yang aneh setelah proses update tadi. Situs ini jadi memunculkan error pada header-nya. Ternyata saya sendiri yang teledor :D, sebenarnya error tersebut dikarenakan pada versi sebelumnya saya menyisipkan sebuah script pada file function.php dan setelah update sepertinya file tersebut tertimpa.

Akhirnya saya coba untuk memodifikasi lagi file function tersebut dengan cara upload dari cPanel, soalnya program FTP kesayangan ga mau konek. Selesai upload langsung cek lagi dan ternyata sekarang malah bikin pusing lagi, errornya ada pada file function yang baru saja saya upload.

Terdiam sesaat dan memikirkan dimana letak kesalahannya. Akhirnya, ditemukan juga kesalahannya, lagi-lagi saya sendiri yang salah upload file. Ternyata file function tadi yang saya upload bukan untuk versi 2.9 melainkan versi 2.9 RC1 :D. Setelah diketahui letak kesalahannya akhirnya saya coba cari file function untuk versi 2.9 dan sayangnya lagi saya sendiri belum download dari wordpress.org. Soalnya tadi saat saya update saya pilih automatic jadinya file updatenya tidak tersimpan di komputer saya. Saya putuskan untuk download versi terbaru tersebut, dengan koneksi yang sedang lemot abis akhirnya kelar juga download filenya.

Tanpa pikir panjang langsung dech, modify file functionnya and upload ulang. Dan akhirnya situs ini normal lagi :P, setelah mungkin tadi kurang lebih 20-30 menit error terus xixixixi.... :D.

Btw, ternyata ada penambahan fitur baru pada wordpress 2.9 ini, dan diantaranya adalah dengan di tambahkannya fitur embed video seperti youtube dengan hanya menambahkan url videonya saja, contoh:
http://www.youtube.com/watch?v=nTDNLUzjkpg

dengan hanya memasukan urlnya saja maka wordpress akan secara otomatis memasukan code embed.

Selain itu juga anda bisa secara manual memasukan code [embed] untuk memasukan video secara manual. Dan berikut beberapa situs directory video yang support dengan kode embed wordpresss
Selain fitur embed tersebut wordpress juga menambahkan Built-in image editor, yang merupakan fasilitas baru dan berguna untuk crop, edit, flip, dan scale images yang anda upload.

Satu lagi yang telah ditambahkan wordpress versi baru ini adalah dengan di tambahkannya rel=canonical untuk SEO. So yang sudah memasang rel=canonical sebelumnya secara manual, maka pada versi ini ada baiknya anda hapus settingan manual tersebut.

Selengkapnya tentang fitur apa saja yang di tambahkan wordpress 2.9 silahkan anda baca di http://wordpress.org/development/2009/12/wordpress-2-9/. :D

0 comments:

Post a Comment

Hide Sidebar
Show Sidebar