Skip to main content

Hibernate Untuk Mempercepat Proses Start dan Shutdown Computer

Bagi anda pengguna OS (Operating System) Windows, berikut saya ada sedikit tutorial lama yang mungkin belum diketahui oleh sebagian orang. Sesuai judulnya, saya akan menerangkan cara-cara mempercepat proses start dan shutdown computer dengan memanfaatkan fitur hibernate pada windows.
Hibernate

Namun sebelumnya kita harus tau dulu apa itu hibernate pada windows.
About Hibernate
Sebuah fitur yang dibuat oleh microsoft dikarenakan tuntutan mobilitas dari pengguna notebook yang ingin start windows begitu komputer laptopnya dibuka.

phylosophynya sama seperti hibernate hewan
hibernate -> tidur panjang di musim dingin

pada komputer, hibernate dilakukan dengan bertahap :
1. Paging memory ke hard drive yang telah dialokasikan spacenya (makannya semakin besar memory semakin lama karena semakin besar data yang harus ditulis ke harddisk)
2. save last position (screen, mouse, settings, dll) dan jadikan semacam 'boot image' untuk start up, file yang dibentuk tersebut bernama Hiberfil.sys

Hibernate secara gampangnya bisa diartikan memindahkan memory ke harddisk. Ini dilakukan agar komputer tidak perlu meload dari awal lagi, tinggal baca yang sudah di tulis tadi.

Dikutip dari : Diskusiweb.com

Nah sudah pada mengerti kan apa itu hibernate. Dan untuk mengatur agar PC/Laptop anda bisa menggunakan fitur ini coba anda masuk ke Control Panel dan pilih Power Option lalu pilih Tab Hibernate. Ceklis pada opsi Enable Hibernate. Lihat gambar di bawah.
Hibernate Set

Bila hardware PC/Laptop anda tidak mendukung maka menu Hibernate tersebut tidak akan bisa anda set. Tapi mungkin komputer jaman sekarang sudah support hibernate semua :D.

Setelah settingan tersebut sudah dilakukan, sekarang anda sudah bisa melakukan hibernate pada komputer anda. Untuk Mencobanya silahkan anda klik Start >> Turn Off Computer atau klik tombol Power pada Keyboard. Akan tampil dialog shutdown seperti gambar di bawah ini
Turn Off Computer

namun pilihan hibernate-nya tidak muncul, lalu dimana pilihan tombol hibernate-nya?
Pilihan Hibernate akan muncul menggantikan tombol Stand By bila anda menekan tombol SHIFT pada keyboard. So anda klik saja SHIFT pada keyboard anda dan klik tombol Hibernate.
Hibernate Computer

Hibernate berguna bila anda sering mematikan dan menghidupkan PC/Laptop anda pada rentang waktu yang sebentar, mungkin dikarenakan ada suatu hal lain dan anda terpaksa meninggalkan komputer sesaat. Daripada Shutdown yang membutuhkan waktu lama ketika anda start komputer, ada baiknya anda pilih hibernate saja yang bisa mengembalikan ke posisi sama persis ketika anda meninggalkan komputer tersebut. :D .

Namun hibernate-pun bisa menimbulkan masalah error pada windows anda, contohnya bila anda mengganti RAM pada saat komputer anda berada pada posisi hibernate. Error yang muncul biasanya berbentuk BSOD dengan keterangan seperti ini
A problem has been detected and Windows has been shut down to prevent damage to your computer...
Technical information:


*** STOP: 0x000000A5 (0x00000011, 0x00000006, 0x00000000, 0x00000000)

Bila hal ini terjadi, silahkan anda restart komputer anda. Namun bila dengan me-restart komputer anda masih tetap saja melihat error tersebut itu maka anda harus masuk ke Recovery Console menggunakan CD Installer Windows dan hapus file Hiberfil.sys, Caranya :
1. Masukan CD Installer Windows ke Drive CD anda lalu restart dan booting computer anda dari CD. Catatan : Settingan bios mungkin diperlukan agar anda bisa booting menggunakan CD.
2. Bila sudah muncul "Welcome to Setup", tekan R untuk memulai Recovery Console.
3. Masukan password Administrator bila diperlukan dan tekan ENTER.
4. Secara default Hiberfil.sys berada di root directory (C:\). Pada command prompt, ketik del hiberfil.sys, lalu tekan ENTER.
5. Restart Komputer, dan semoga sekarang komputer anda kembali normal.

Nah semoga bermanfaat ya, terutama untuk yang belum mengetahuinya.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengembalikan Teman Facebook yang Disembunyikan

Mungkin diantara anda ada yang masih bingung cara untuk mengembalikan teman yang di hide/sembunyikan di facebook. Trik berikut adalah cara agar teman yang telah disembunyikan di halaman beranda / home facebook bisa muncul kembali di halaman tersebut. Setelah anda login ke halaman beranda/home facebook anda, geser scrollbar browser anda hingga ke bagian paling bawah.

Candy Crush Error Connect Facebook

Siapa yang kenal dengan game android yang satu ini, mungkin hampir tiap orang pernah main atau setidaknya melihat temannya sendiri memainkan game ini. Yupz Candy Crush Soda Saga, salah satu game yang cukup populer dikalangan pengguna android. Game yang cukup ringan namun memang terbukti seru untuk mengisi kesenggangan waktu apalagi disaat bulan puasa seperti saat ini. Sedikit kutipan dari Google play mengenai game ini Candy Crush Soda Saga is a brand new game from the makers of the legendary Candy Crush Saga. New candies, more divine combinations and challenging game modes brimming with purple soda! Candy Crush Soda Saga is completely free to play, but some in-game items such as extra moves or lives will require payment.

Setting Privacy Facebook Agar Recent Activity Tidak Terlihat

Dikarenakan adanya pengaturan privacy baru pada facebook, so trik ini sudah tidak bisa lagi di terapkan pada pengaturan privacy anda. Cara alternatif lain agar tetap bisa facebookan dengan nyaman saya sarankan menggunakan Tweetdeck. Silahkan baca Facebook Via Tweetdeck untuk tata cara instalasi tweetdeck :D. New Update - April 2011 Facebook dengan tampilan halaman beranda/home baru, membuat semua aktivitas teman bisa terlihat di halaman beranda/home kita. Dan hal ini membuat halaman beranda/home facebook kita jadi penuh dengan aktivitas teman yang lain yang kita sendiri sebetulnya tidak mau tau apa yang teman kita kerjakan.