Skip to main content

Cara Membunuh Virus Win32 Virut.Ce

Beberapa hari yang lalu saya sempat kesal dan di buat sibuk oleh kehadiran virus yang merusak file exe ini.

Virus ini menular ke sistem komputer saya sendiri dikarenakan anti virus saat itu memang dan biasa saya matikan dan hanya dihidupkan secara manual saja dikarenakan memberatkan sistem.

Bagi saya pribadi sebetulnya tidak memerlukan anti virus yang harus aktif otomatis, karena setiap saya menemukan atau menjalankan program baru pasti di scan manual terlebih dulu.

Tapi sialnya adik saya yang memang masih baru kenal dengan komputer, menjalankan satu program tanpa sepengetahuan saya dari Flash Disk, dan program tersebut telah terjangkit oleh virus virut.ce, dan boom komputer langsung restart dan kembali menyala dengan keadaan virus telah aktif dan menginfeksi file lainnya.

Kesal dan menyesal juga anti virus tidak dihidupkan, tapi apa mau dikata virus kini sudah terlanjur aktif dan menginfeksi.

Sebelumnya saya belum mengetahui jenis virus apa yang menginfeksi komputer, lantas saya coba scan active process dengan anti virus kesayangan Avira Personal, dan dengan sangat jelas avira memberitahukan bahwa beberapa program sudah terinfeksi seperti explorer.exe, spoolsv.exe, dan beberapa file system lainnya.

Dalam keadaan terinfeksi akhirnya saya coba mengkoneksikan komuter ke internet, walau saya tahu kalau virus ini juga akan menyebar spam bila kita terhubung ke internet, namun karena tak ada pilihan lain, mau tidak mau akhirnya saya sambungkan saja ke internet.

Setelah beberapa menit googling untuk mencari solusi membunuh virus ini, akhirnya saya menemukan program untuk menormalisir sekaligus membunuh virus win32 virut.ce.

Program tersebut bernama Virutkiller, yang saya download dari web support kaspersky ( http://support.kaspersky.com/viruses/solutions?qid=208280756 ) yang katanya bisa menyembuhkan file yang telah diinfeksi oleh virut.ce.

Setelah selesai download, saya lalu mengikuti petunjuk dari web tersebut.
pertama saya non-aktifkan system restore dan memutuskan hubungan ke internet, dan lalu menjalankan program virutkiller ini. Dan ternyata hampir semua file exe terinfeksi oleh virus virut ini. Berikut screenshot pada saat virutkiller membersihkan virus win32 virut.ce dari memory dan dari local disk.




Setelah selesai program virutkiller meminta restart dan setelah restart akhirnya virus tersebut sudah hilang dari process. Namun setelah saya coba scan ulang pada folder-folder tertentu ada beberapa file yang tidak bisa di kembalikan oleh virutkiller, diantaranya Photoshop.exe dan Imageready.exe. Dan terpaksa saya hapus 2 file tersebut.

Untuk memastikan saya pun mencoba scan ulang komputer menggunakan rmvirut, dan hasilnya tidak ada file yang terinfeksi. untuk link rmvirut cari sendiri ya :D.

Sampai di sini ternyata masalah belum selesai, karena ternyata setelah anti virus avira dihidupkan, malah mash mendeteksi virus aktif dan pasif di beberapa folder.

Namun kali ini avira mendeteksinya sebagai TR/Patched.gen, mungkinkah ini dikarenakan perbaikan yang dilakukan oleh virutkiller tidak sempurna sehingga membuat avira masih mendeteksi adanya virus. Atau mungkin cuma false alarm avira saja.


Karena tidak nyaman dengan keadaan ini akhirnya saya coba scan ulang seluruh folder system menggunakan avira yang sudah terupdate tentunya dan hasilnya hampir seluruh file masih terdeteksi virus.

Dan akhirnya saya putuskan untuk memperbaiki/merestore file system tersebut menggunakan command SFC / scannow, dan memasukan CD installer ke CD drive.
Perintah sfc /scannow hanya bisa digunakan pada Windows XP SP3 ke atas, so kalau anda masih menggunakan XP SP2 perintah tersebut kemungkinnan tidak ada.
berikut tampilan command/perintah tersebut :


Setelah menunggu kurang lebih 20 menit, proses perbaikan atau restore file system pun selesai dilakukan, dan kini avira tidak lagi mendeteksi adanya virus di system komputer, karena file system komputer sudah kembali seperti waktu install baru.

Namun beberapa aplikasi pihak ketiga seperti media player classic dan lainnya harus di repair atau di install ulang agar avira tidak mendeteksi sebagai virus.

Dan akhirnya setelah kejadian terinfeksi virus win32 virut.ce ini saya selalu menghidupkan anti virus secara otomatis, walau mungkin butuh resource komputer lebih, tapi mungkin saya tidak lagi disibukkan dengan virus :D.

Dan akhirnya, kejadian ini menjadi pengalaman sekaligus ilmu baru bagi saya, dan semoga juga berguna bagi anda yang membutuhkannya.

Comments

  1. terimakasih infonya, sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  2. @Jhonny sama-sama gan.
    btw, jangan lupa cek juga file host windows-nya
    soalnya virut juga memodifikasi file host tersebut.

    ReplyDelete
  3. gan laptop ane kmrn baru kena nie virus
    ane dah puter2 blog tp kesimpulanya sama "file exe anda akan hilang semua atau lebih baik anda install ulang"
    tp syukur ane nemu nie artikel.. ane pake virutkill dah ilang tu virus tanpa delete program2 ane yg lain

    *ane jg pake avira dan juga terdetek tr patch gen stelah scan virutkill tp ane ikutin saran ente restore file system window dan alhamdulilah kompi ane sehat wal afiat skrg

    ijin ctrl+d gan dan mwach2 buat ente hhi

    ReplyDelete
  4. ane udah terlanjur install ulang gan :D tapi ane udah tau file2 exe nya udah pada rusak..
    jadi ane gak buka file exe tersebut..
    thx banget download-annya..
    lagi di download nih..

    ReplyDelete
  5. Ma kasih atas info berharga ini... salam sukses untuk Anda

    ReplyDelete
  6. wah ini baru mantap!! tks ya gan...

    ReplyDelete
  7. kompi ane jg kena gan, pdhl sdh terinstal deepfreeze.....

    ReplyDelete
  8. makasih banyak gan, ni membantu sekali
    sukses gan

    ReplyDelete
  9. wala2 musti fresh install ya gan
    saya juga kena nih
    soalnya saya juga suka matiin anvir
    ada alternatif ga?
    Soalnya pake sp2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga perlu fress install gan, di repair saja
      yang penting dipastiin dulu aja kalo virus virutnya sudah tidak ada lagi di hard disk. :D

      Delete
  10. Gan saya pake win**** xp sp2 ada cara lain gk selain win**** xp sp3, dan 1 lagi efek dari virut terhadap komputer itu apa ya..? makasih. by : fahmi fachrozi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengembalikan Teman Facebook yang Disembunyikan

Mungkin diantara anda ada yang masih bingung cara untuk mengembalikan teman yang di hide/sembunyikan di facebook. Trik berikut adalah cara agar teman yang telah disembunyikan di halaman beranda / home facebook bisa muncul kembali di halaman tersebut. Setelah anda login ke halaman beranda/home facebook anda, geser scrollbar browser anda hingga ke bagian paling bawah.

Candy Crush Error Connect Facebook

Siapa yang kenal dengan game android yang satu ini, mungkin hampir tiap orang pernah main atau setidaknya melihat temannya sendiri memainkan game ini. Yupz Candy Crush Soda Saga, salah satu game yang cukup populer dikalangan pengguna android. Game yang cukup ringan namun memang terbukti seru untuk mengisi kesenggangan waktu apalagi disaat bulan puasa seperti saat ini. Sedikit kutipan dari Google play mengenai game ini Candy Crush Soda Saga is a brand new game from the makers of the legendary Candy Crush Saga. New candies, more divine combinations and challenging game modes brimming with purple soda! Candy Crush Soda Saga is completely free to play, but some in-game items such as extra moves or lives will require payment.

Browsing Internet Dengan Lynx Text Browser

Sebelumnya saya jelaskan dulu apa itu Lynx Text Browser Lynx adalah salah satu standar text browser dan harus dimiliki oleh para web designer untuk memeriksa asesibilitas web yang mereka buat. Dan meskipun banyak alternatif lain, Lynx tetap menjadi titik acuan standar text browser. Browser grafis yang menawarkan emulasi text browser, bukan merupakan alternatif yang bisa diandalkan. Lynx adalah produk dari Distributed Computing Group pada Academic Computing Services dari University of Kansas, dan pada awalnya dikembangkan pada 1992 oleh tim mahasiswa di universitas (Lou Montulli, Michael Grobe dan Charles Rezac) sebagai sebuah hypertext browser yang digunakan semata-mata untuk mendistribusikan informasi kampus sebagai bagian dari Campus-Wide Information Server. Pada tahun 1993 ditambahkan Montulli Internet antarmuka dan merilis versi baru (2,0) dari browser. [1] [2] Garrett Blythe menciptakan DosLynx dan kemudian bergabung dengan Lynx. Pada tahun 1995, Lynx dirilis di bawah GNU General