Skip to main content

Solusi Komputer Tidak Bisa Shutdown

Bagi anda yang mempunyai masalah ketika mematikan komputer dan langsung restart A.K.A tidak mau mati, berikut ada salah satu pengalaman saya yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda yang mengalami hal yang serupa.

Komputer yang ketika di shutdown malah menjadi restart sebenarnya bukan restart biasa terutama bagi pengguna OS Windows XP. Masalah ini sebenarnya disebabkan oleh error-nya file system anda atau mungkin lebih dikenal dengan BSOD(Blue Screen Of Death.

Secara default settingan untuk Windows XP ketika Crash/BSOD adalah otomatis restart. Jadi anda mungkin saja tidak melihat atau mengetahui bahwa komputer anda tengah mengalami BSOD ketika anda mencoba mematikan komputer anda.

Untuk dapat mengetahui pesan error BSOD ini anda harus mengatur setting agar ketika terjadi BSOD komputer tidak langsung melakukan restart namun menampilkan pesan BSOD tersebut.

Caranya Klik kanan pada My Computer dan pilih Properties, lalu pilih tab Advanced dan hilangkan centang pada bagian Automatically Restart. Lihat gambar untuk lebih jelasnya


Setelah selesai sekarang saatnya anda mencoba mematikan komputer anda dan lihat serta catat pesan error yang muncul. Pada kasus yang pernah saya alami error yang muncul adalah STOP: c000021a {Fatal System Error}The Windows Logon Process system process terminated unexpectedly with a status of 0xc0000034 (0x00000000 0x0000000)The system has been shutdown.Dari pesan error tersebut terlihat jelas bahwa file system winlogon bermasalah.

Sebetulnya ketika kita sudah mengetahui pesan BSOD tersebut kita bisa dengan mudah mencari solusinya dengan bantuan google, dan anda tinggal memasukan pesan error tersebut ke kotak pencarian google. Dan biasanya ada banyak forum luar yang membahas akan hal tersebut. Cuman munkin kebanyakan hasil pencarian berbahasa Inggris :D. Nah anda tinggal lihat dan baca solusi yang terbaik lalu anda terapkan pada komputer anda sendiri. Mudah-mudahan bisa terselesaikan :D.

Namun sekali lagi untuk kasus yang yang saya alami ketika komputer restart saat di shutdown, saya menggunakan cara lain untuk memperbaikinya. Saya menggunakan tools Hijackthis untuk melihat daftar startup komputer, dan dari hasil scan hijackthis ini terlihat ada satu library yang di load secara otomatis oleh windows yang bernama winmxw32.dll. Penasaran dengan file tersebut lantas saya coba mencari informasi tentang file ini dan hasilnya ternyata file ini merupakan sebuah Trojan seperti yang dikatakan di web http://www.threatexpert.com/files/winmxw32.dll.html.

Selanjutnya saya coba lihat lokasi file tersebut di folder C:\Windows\system32 dan ketika saya coba menghapus file tersebut, ternyata hasilnya Access Denied. Mungkin karena file library tersebut tengah digunakan oleh salah satu process yang sedang berjalan.

Tools selanjutnya yang saya gunakan adalah Unlocker, fungsinya untuk mengetahui process apa yang sedang membuka atau menggunakan file winmxw32.dll tersebut. Dan setelah dianalisa ternyata winlogon.exe yang tengah memakai library tersebut. Dan lantas saya coba unlock file winmxw32.dll tersebut lalu menghapusnya dengan menekan "Shift + Delete"(permanent delete). Namun ooops ternyata gara-gara menghapus file tersebut muncul dialog windows yang mengatakan kalau file winlogon bermasalah dan komputer akan melakukan restart.

Setelah restart lalu saya coba periksa keberadaan file winmxw32.dll di folder system32 dan hasilnya file tersebut pun tidak lagi ditemukan disana. Kemudian saya coba melakukan shutdown dan hasilnya ternyata bermanfaat, komputer sekarang sudah bisa di Shutdown tanpa ada pesan error atau kembali restart.

Update:
Bila file winmxw32.dll tidak ditemukan, coba cari file *.dll lainnya yang mencurigakan mungkin saja file tersebut berubah-ubah nama, coba cari saja file dengan nama file ujungnya "32.dll". Kalau misal ditemukan coba anda cari definisi file tersebut dan kalau bisa coba scan online juga di http://virustotal.com

Nah bagi anda yang mengalami hal serupa dengan pengalaman saya silahkan anda terapkan cara saya, barangkali saja sama persis kasusnya. O iya untuk yang belum tahu dimana harus mengundul tools hijackthis dan unlocker anda silahkan buka http://www.filehippo.com ya :D. Good Luck !

Comments

  1. nice share gan,,,,, cendol neh,,,,

    ReplyDelete
  2. winmxw32 nya ga ada di C:\Windows\system32, tp blue screen fatal error nya muncul...mohon bantuannya

    ReplyDelete
  3. saya kena virus di msvbvm60.dll dan ga bisa di apus karena mengandung virus cuakep.B.jpg..what should i do?? mohon bantuannya mas..saya udah pake antivirus PCMAV masih gagal..

    thx b4

    ReplyDelete
  4. @first anonymous
    kalau misal file winmxw32.dll nya tidak ada
    coba liat file library(*.dll) lainnya yang diload oleh winlogon.exe menggunakan tool process explorer, dan lihat lokasi path-nya

    lalu coba googling definisi file tersebut plus scan online, karena pada kasus saya sendiri, file library tersebut tidak terdeteksi oleh anti virus.

    @2nd anonymous
    Sepertinya virus lokal ya?
    coba scan-nya via safe mode.
    atau kalau safe mode-nya sudah di disable virus, coba booting pake Hiren's Boot CD aja buat scan virusnya, moga berhasil.

    ReplyDelete
  5. kasus saya sama file winmxw32 nya ga ada di C:\Windows\system32, tp blue screen fatal error nya muncul
    stelah caya pake tool process explorer file winmxw32.dll nya pun ga ketemu.
    saya pake tool hijackthis malah ada info windnv32.dll file is missing
    itu knp ya?

    ReplyDelete
  6. @atas
    coba cari file tersebut di C:\windows\system32
    kalo ada coba kamu delete, kalo ga bisa delete biasa, coba pake unlocker.

    kemungkinan nama file winmxw32.dll ini bisa berubah-ubah

    ReplyDelete
  7. Punya saya kok tidak ada error gan cuma tetep gak bisa restat / shoutdown, compaq 420

    ReplyDelete
  8. Terima kasih infonya..

    ReplyDelete
  9. gan komputer ane tidak muncul error apapun cuma mau shutdown, restart, logoff dkk, tidak mau

    itu kenapa ya ?
    win xp sp3
    ram 1gb

    ReplyDelete
  10. masih kagak bisa dishudown gan.. gmn ini yak :(

    ReplyDelete
  11. Anonymous27 June, 2013

    Bang neo yg d id mig33 kah,mantap bang ulasanya,gini bang sy pake win 7 pc dah di shutdown monitor mati cuman procie n hdd msih idup gmna tu bang mkcih

    ReplyDelete
  12. Hallo sorry cuma mau berbagi pengalaman.
    Netbook asus gw jg penyakitnya malah restart ketika di shutdown.
    Penasaran gw tanya google dan udh gw ikutin berbagai cara seperti diatas tapi tetep ga ada hasil.
    Akhirnya dengan cara gw yg amat sangat ajaib masalah teratasi.
    Waktu itu tanpa sebab yang jelas gw curiga adapter netbook gw rusak, dan gw coba shutdown netbook gw tanpa adapter, dan taraaa netbook gw gak restart lagi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengembalikan Teman Facebook yang Disembunyikan

Mungkin diantara anda ada yang masih bingung cara untuk mengembalikan teman yang di hide/sembunyikan di facebook. Trik berikut adalah cara agar teman yang telah disembunyikan di halaman beranda / home facebook bisa muncul kembali di halaman tersebut. Setelah anda login ke halaman beranda/home facebook anda, geser scrollbar browser anda hingga ke bagian paling bawah.

Candy Crush Error Connect Facebook

Siapa yang kenal dengan game android yang satu ini, mungkin hampir tiap orang pernah main atau setidaknya melihat temannya sendiri memainkan game ini. Yupz Candy Crush Soda Saga, salah satu game yang cukup populer dikalangan pengguna android. Game yang cukup ringan namun memang terbukti seru untuk mengisi kesenggangan waktu apalagi disaat bulan puasa seperti saat ini. Sedikit kutipan dari Google play mengenai game ini Candy Crush Soda Saga is a brand new game from the makers of the legendary Candy Crush Saga. New candies, more divine combinations and challenging game modes brimming with purple soda! Candy Crush Soda Saga is completely free to play, but some in-game items such as extra moves or lives will require payment.

Browsing Internet Dengan Lynx Text Browser

Sebelumnya saya jelaskan dulu apa itu Lynx Text Browser Lynx adalah salah satu standar text browser dan harus dimiliki oleh para web designer untuk memeriksa asesibilitas web yang mereka buat. Dan meskipun banyak alternatif lain, Lynx tetap menjadi titik acuan standar text browser. Browser grafis yang menawarkan emulasi text browser, bukan merupakan alternatif yang bisa diandalkan. Lynx adalah produk dari Distributed Computing Group pada Academic Computing Services dari University of Kansas, dan pada awalnya dikembangkan pada 1992 oleh tim mahasiswa di universitas (Lou Montulli, Michael Grobe dan Charles Rezac) sebagai sebuah hypertext browser yang digunakan semata-mata untuk mendistribusikan informasi kampus sebagai bagian dari Campus-Wide Information Server. Pada tahun 1993 ditambahkan Montulli Internet antarmuka dan merilis versi baru (2,0) dari browser. [1] [2] Garrett Blythe menciptakan DosLynx dan kemudian bergabung dengan Lynx. Pada tahun 1995, Lynx dirilis di bawah GNU General