Skip to main content

Firefox 4 - Browsing Makin Nyaman dan Aman

Sudah hampir satu minggu browser favorite yang biasa saya pakai telah merilis versi barunya yaitu Firefox 4. Dan baru hari ini saya coba review apa saja yang telah berubah dan ditambahkan pada versi yang memang sempat saya tunggu pada bulan-bulan ke belakang.

Namun sebelum saya coba mulai lihat apa saja yang baru pada browser Firefox 4 ini, ada baiknya anda yang belum meng-update browser ini atau memang belum pernah menggunakan Mozilla Firefox, segera anda update atau download versi terbaru Firefox 4 ini.

Hal pertama yang membuat saya penasaran dengan Firefox 4 ini adalah dengan didukungnya teknologi baru seperti HTML5, Javascript Engine, css3 dan beberapa fitur baru lainnya yang dibenamkan pada browser ini.

Dan untuk web develover, Firefox 4 juga memberi kemudahan dalam proses debugging dengan menambahkan fitur Web Console.



Dengan telah didukungnya teknologi baru ini maka para web programmer, web designer atau web master pun akan bertambah semangat dalam membuat atau memperindah halaman website masing-masing. Dan tentu saja para surfer atau end user dapat lebih dimudahkan dengan tampilan web yang menggunakan latest technology ini.

Selanjutnya tampilan dan beberapa menu serta penempatan icon dan toolbar yang berubah pada versi ke 4 Firefox ini, beberapa diantaranya adalah dengan ditambahkannya Firefox Menu Button. Tombol menu ini akan terlihat bila anda tidak menampilkan atau menyembunyikan menu standar yang ada.



Dalam beberapa kasus ada juga beberapa orang yang sempat bingung bagaimana menampilkan Firefox Menu Button tersebut. Bila tombol menu tersebut tidak terlihat pada firefox 4 anda atau tampilannya masih standar, anda coba akses menu View >> Toolbar dan coba hilangkan ceklis pada Menu Bar.



Selain itu, pada Firefox 4 ini juga status bar telah dihilangkan dan digantikan dengan status bar yang otomatis hilang seperti layaknya Google Chrome, dan hal ini membuat halaman web yang kita lihat terlihat lebih luas. Toolbar Addons pun kini bisa kita sembunyikan atau perlihatkan secara manual.

Lalu beberapa fitur baru lainnya yang tidak kalah berguna adalah fitur Firefox Sync yang berguna untuk menyimpan dan menyingkronkan beberapa data browsing anda di server firefox. Ada juga fitur Tab Group, App Tab, Bookmark Button dan beberapa lainnya.




Layout dan beberapa penempatan menu kini agak berbeda dengan Firefox versi sebelumnya. Pada versi terbaru ini menu seperti Open Link in New Tab berada paling atas, berbeda dengan versi sebelumnya yang menempatkan menu tersebut dibawah menu Open Link in New Window.



Lalu yang berubah pada Firefox 4 ini adalah tampilan halaman Addons yang kini terbuka pada jendela tab baru dan bukan berupa window baru, dan tampilannya pun semakin memudahkan pengguna.



Satu lagi yang tidak kalah penting untuk diketahui pengguna atau end user, kalau pada versi terbaru ini, kita tidak akan terjebak oleh suatu web yang menjebak seperti membuka kotak dialog secara terus menerus dan kita tidak bisa menghentikannya selain dengan mengakhiri process Firefox via Task Manager di Windows. Pada Firefox 4 hal ini tidak akan terulang, karena kotak dialog yang muncul pada halaman web kini berbeda dengan sebelumnya, kotak dialog kini bisa kita prevent/cegah untuk terus menerus tampil pada halaman web, lihat gambar untuk jelasnya.



Nah mungkin itu saja beberapa fitur baru dan penambahan serta perbaikan beberapa fitur pada Mozilla Firefox 4 ini, dan masih banyak beberapa fitur lainnya yang belum sempat saya tambahkan pada posting kali ini, mungkin anda mau menambahkan apa saja fitur baru Firefox 4 ini, silahkan tulis di kotak komentar ya. At last semoga informasi tentang Browser Mozilla Firefox 4 ini berguna bagi anda yang mungkin masih belum mencoba browser istimewa ini.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengembalikan Teman Facebook yang Disembunyikan

Mungkin diantara anda ada yang masih bingung cara untuk mengembalikan teman yang di hide/sembunyikan di facebook. Trik berikut adalah cara agar teman yang telah disembunyikan di halaman beranda / home facebook bisa muncul kembali di halaman tersebut. Setelah anda login ke halaman beranda/home facebook anda, geser scrollbar browser anda hingga ke bagian paling bawah.

Candy Crush Error Connect Facebook

Siapa yang kenal dengan game android yang satu ini, mungkin hampir tiap orang pernah main atau setidaknya melihat temannya sendiri memainkan game ini. Yupz Candy Crush Soda Saga, salah satu game yang cukup populer dikalangan pengguna android. Game yang cukup ringan namun memang terbukti seru untuk mengisi kesenggangan waktu apalagi disaat bulan puasa seperti saat ini. Sedikit kutipan dari Google play mengenai game ini Candy Crush Soda Saga is a brand new game from the makers of the legendary Candy Crush Saga. New candies, more divine combinations and challenging game modes brimming with purple soda! Candy Crush Soda Saga is completely free to play, but some in-game items such as extra moves or lives will require payment.

Setting Privacy Facebook Agar Recent Activity Tidak Terlihat

Dikarenakan adanya pengaturan privacy baru pada facebook, so trik ini sudah tidak bisa lagi di terapkan pada pengaturan privacy anda. Cara alternatif lain agar tetap bisa facebookan dengan nyaman saya sarankan menggunakan Tweetdeck. Silahkan baca Facebook Via Tweetdeck untuk tata cara instalasi tweetdeck :D. New Update - April 2011 Facebook dengan tampilan halaman beranda/home baru, membuat semua aktivitas teman bisa terlihat di halaman beranda/home kita. Dan hal ini membuat halaman beranda/home facebook kita jadi penuh dengan aktivitas teman yang lain yang kita sendiri sebetulnya tidak mau tau apa yang teman kita kerjakan.