Uang Tidak Keluar Dari ATM (ATM Terdebet)

ATM Terdebet, uang tidak keluar dari ATMHampir setahun ga posting di blog kesayangan, heuheu :D. Coba-coba posting lagi, mudah-mudahan nggak belepotan ya tulisannya, soalnya sudah lama juga ga pernah tulis-menulis.

Sedikit pengalaman beberapa hari yang lalu mengenai ATM terdebet saldonya namun uang tak kunjung keluar dari mesin ATM.

Hari Kamis 25 Juli 2013 tepatnya sih sekitar jam 18.30 setelah berbuka puasa, aku mengantar adik untuk mengambil uang gajinya yang ditransfer ke ATM Mandiri baru miliknya. Maklum baru pegang ATM jadi adikku tersebut minta diantar karena sebelumnya belum pernah tarik tunai di ATM.

Sebelum berangkat ke ATM, dia bilang kalau di ATM Mandiri saat ini sedang antri panjang, karena mesin atm yang hidup cuma satu. So, aku putuskan untuk mengambil uang tersebut di jaringan ATM bersama terdekat, yaitu di BNI.

Pendek cerita kami sampai di ATM tersebut, hanya terlihat beberapa orang saja yang melakukan penarikan uang di ATM bersama BNI ini. Tanpa pikir panjang, kami pun langsung masuk ke tempat mesin ATM tersebut.

Sebelum mengambil uang aku tanya dulu pada adikku berapa saldo yang ada di tabungannya namun dia sendiri tidak tahu berapa nominal yang ada di tabungannya. Lantas kami coba cek saldo, dan setelah di cek ternyata gede juga salary adikku ini, melebihi salary kakaknya yang masih di bawahnya, :Malu:.

Lalu adikku ingin agar semua uang diambil saja, buat lebaran mungkin ya.
Langsung saja jari ini menekan tombol-tombol angka yang ada di ATM tersebut tanpa ragu lagi. Namun ada yang aneh soalnya si mesin ATM tak berbunyi sama sekali, normalnya kan dia ngitung uang yang akan dikeluarkan, tapi ini senyap hampir tak bersuara. Dan akhirnya di layar ATM tersebut ada warning yang mengatakan kalau waktu transaksi telah habis alias Timeout alias RTO kalo dijaringan Inet mah. Dan uang pun tak kunjung keluar, mulai panik juga, karena baru pertama ini aku mengalami hal seperti ini. Lantas selanjutnya aku coba untuk melanjutkan transaksi dengan menge-cek nominal saldo, dan alangkah kagetnya, nominal saldo pun berkurang sebesar nominal yang tadi aku inputkan.

Makin bingung, aku tunggu beberapa saat, mudah-mudahan uang keluar, tapi tetep aja nggak ada uang yang kaluar dari mesin ATM tersebut. Lantas langkah selanjutnya saya coba pidah ke mesin ATM sebelahnya untuk melihat saldo kembali dan teryata saldonya juga tetep sama seperti tadi, hiks.

Akhirnya aku coba panggil bapak satpam yang sedang berjaga dan menjelaskan kronologis kejadian barusan. Lalu bapak satpam mengajak saya beserta adik ke ruangan dia. Lalu dia bertanya awal kejadian tadi. Setelah saya ceritakan dia mulai mengerti dan ditulislah catatan kejadian tadi di buku laporan satpam dia. Dan bapak satpam tersebut mengatakan kalau kejadian tersebut tidak bisa diselesaikan hari itu, karena petugas bank sudah pulang semua. Dia menganjurkan untuk datang lagi besok pagi dengan membawa buku tabungan dan ATM bersangkutan. Yaaah dengan sangat kecewa akhirnya kamipun pulang dengan tangan hampa, hiks....

Sesampai di rumah saya lalu browsing mengenai kendala uang tidak keluar dari ATM, dan dari hasil googling rata-rata bikin saya makin deg-deg seeer, karana rata-rata kasus ATM terdebet selesai antara 3 sampai 14 hari kerja uang baru bisa kembali. Lama juga pikirku, padahal jelas-jelas kesalahan ada di mesin ATM Bersama tersebut. Dari hasil baca-baca tersebut, dijelaskan kalau untuk komplain masalah ATM terdebet kita harus hapal nominal saldo rekening, jam kejadian dan juga harus membawa identitas beserta buku tabungan bersangkutan plus harus pemilik rekening tabungan yang datang langsung.

Besoknya kami pun bergegas datang ke bank BNI tempat ATM bersama yang tadi malam bikin adrenalin naik. Dan langsung bertanya ke satpam yang berjaga untuk melaporkan permasalahan tadi malam mengenai uang yang tidak mau keluar dari mesin ATM. Tapi justru dikarenakan ATM milik adikku tersebut bukanlah tabungan BNI maka kami harus mandatangi Cabang Bank Mandiri terdekat dan bukan ke Bank BNI yang notabene Mesin ATM nya bermasalah.

Sesampai di Bank Mandiri terdekat saya langsung mengambil nomor antrian ke Customer Service. Sekitar 15 menit menunggu akhirnya tiba giliran saya beserta adik. Lalu saya coba jelaskan kronologis dari mulai awal pengecekan saldo, nominal saldo berapa, jam berapa kejadiannya. Dan Mbak CSO nya minta buku tabungan adik saya dan bertanya langsung juga pada adik saya. Setelah itu akhirnya mbak CSO menjelaskan kalo saldo tabungan adik saya sudah kembali dan buku tabungan adik saya di printout. di situ terlihat kalo saldo tabungan adik saya terpotong 3 X 3000 saat pengecekan saldo di ATM bersama. Waaah mahal juga ya, untuk sekali cek saldo saja harus bayar 3000. Padahal kalau pake M-banking milik saya mah gratis tuh ngecek saldo mah hehehe :D.

Akhirnya kamipun berterima kasih pada mbak CSO tadi, dan langsung bergegas ke mesin ATM Mandiri yang ada disamping kantor cabang Bank Mandiri tersebut, dan langsung tarik semua uang yang ada ditabungan adik saya tersebut. :D

Setelah uang berhasil diambil saya mengucap Alhamdulillah, karena ternyata untuk komplain masalah ATM Terdebet tidak selama yang saya perkirakan seperti yang saya baca-baca dari hasil browsing semalam. Kebayang kalau misal harus menungggu 14 hari kerja, hadeh keburu lebaran dong, Bank nya juga pasti tutup, dan pasti jadi tambah lama urusannya. Tapi kenyataan tak seburuk itu yaaa, walau jadi agak parno juga dengan kejadian seperti itu.

Namun ada pelajaran dan pengalaman yang bisa diambil dari kejadian ATM Terdebet alias uang tidak keluar dari ATM ini. Sebaiknya dan seharusnya, sebelum kita mengambil uang di ATM ada baiknya kita melihat sisa saldo yang ada di rekening kita, ingat jam saat terjadinya masalah plus diusahakan juga mengambil uangnya di ATM bank bersangkutan, untuk menghindari ATM terdebet tadi, karena hal ini terjadi biasanya karena ada kerusakan pada mesin ATM, atau koneksi ke server bank bersangkutan bermasalah.

Nah bagi anda yang mungkin mengalami hal ini, moga dengan pengalaman tadi kita jadi lebih hati-hati saat mengambil uang di ATM manapun. At last thank's to Bank Mandiri yang sudah memberi pelayanan terbaik untuk nasabahnya. Cheers :)

0 comments:

Post a Comment

Hide Sidebar
Show Sidebar