Capture Video dari HandyCam dengan Media Player Classic

Capture Video dari HandyCam dengan Media Player ClassicBagi anda yang mungkin yang masih mempunyai handycam type lama yang belum menggunakan media penyimpanan baru memory card, mungkin pernah dibuat bingung dengan cara bagaimana melihat atau menyimpan hasil video tersebut di harddisk komputer kita.

Tahukah anda kalau ternyata software pemutar video ter-favorit Media Player Classic juga bisa digunakan untuk meng-capture video dari handycam kita.

Selain media player classic, VLC juga bisa digunakan untuk capture video handycam. Namun untuk saat ini saya hanya akan menerangkan cara menyimpan / capture video handycam dengan media player classic. Sebelum saya mulai, saya berasumsi kalau driver handycam milik anda telah terinstal dengan baik di PC Windows anda. Berikut caranya.

Pertama-tama buka dulu Media Player Classic, lalu klik pada menu View > Option atau tekan CTRL + O pada keyboard anda.


Klik pada Capture di bagian Playback, dan atur pada bagian Analog Settings, lalu pilih device video capture milik anda, begitu juga audio capturenya. Pada bagian country pilih Indonesia. Klik Apply dan Ok. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.










Setelah selesai, mulailah anda memutar video pada handycam anda, lalu pada media player classic anda klik pada menu File > Open Device atau tekan CTRL + V pada keyboard anda. Tunggu sebentar, hingga gambar video dari handycam muncul dengan sempurna.




Selanjutnya, anda klik pada menu View > Capture atau tekan CTRL + 8 pada keyboard, lalu klik pada tombol ... untuk menentukan tempat dimana file hasil capture di simpan dan terakhir klik pada tombol Record. Atau bila anda mengerti tentang pengaturan kompresi video anda dapat mengaturnya sendiri di bagian output.




Setelah selesai klik stop dan lihat hasil capture video anda di folder tempat tadi anda menyimpan file tersebut.

Sebagai referensi lain anda juga dapat menggunakan VLC atau Skype messenger untuk meng-capture video dari handycam anda. Semoga bermanfaat tutorialnya.

0 comments:

Post a Comment

Hide Sidebar
Show Sidebar