Skip to main content

Pembayaran Dengan BCA Virtual Account

Setelah sekian lama di buat malas untuk menulis di blog kesayangan ini, akhirnya timbul juga hasrat untuk menulis kembali malam ini :D.

Seperti biasa, saya hanya ingin sharing saja dengan anda pengunjung blog ini. Terutama bagi anda yang saat ini dimanjakan dengan segala kemudahan internet, baik untuk mendapatkan informasi ataupun sekedar iseng-iseng saja atau juga berbelanja secara online.

Kali ini saya ingin berbagi sesuatu hal yang baru bagi saya dan mungkin bagi anda juga yang belum mengetahuinya. Mengenai jenis pembayaran baru di dunia maya lewat online shop yang saat ini sudah bukan hal aneh lagi. Metode yang baru saya ketahui ini adalah dengan menggunakan Transfer ke BCA Virtual Account. Kebetulan hari ini saya hunting sepatu murah yang tidak murahan hehe, dan saya masih percayakan kebutuhan tersebut di Online Shop yang sudah terkenal yaitu Lazada. Kenapa Lazada, ah entahlah bukan maksud saya promosi lho ya, mungkin karena selama ini saya merasa puas saja berbelanja di online shop yang satu ini.

Sebenarnya apa itu BCA Virtual Account?

perusahaan yang telah melakukan kerjasama dengan BCA untuk menggunakan Virtual Account akan mendapatkan sejumlah nomor rekening yang nantinya digunakan oleh para nasabah perusahaan tersebut. Artinya, masing-masing nasabah perusahaan tersebut akan memiliki nomor rekening khusus yang akan mereka gunakan untuk melakukan penyetoran.

Disebut virtual account karena setoran yang masuk ke rekening tersebut hanya sesaat. Begitu sampai ke proses batch (proses induk komputer melakukan transaksi akhir hari) maka saldo dari setoran akan dipindahkan ke rekening perusahaan induk, sehingga rekening virtual nasabah akan selalu nihil. Sedangkan keesokan harinya pada rekening induk akan muncul laporan transaksi kredit/setoran yang secara rinci menjelaskan: siapa saja penyetor dan jumlah setoran masing-masing penyetor

Dikutip dari website BCA

Nah dari kutipan diatas kalo menurut saya pribadi ini berarti setiap pelanggan nantinya akan mendapat nomor BCA Virtual Account masing-masing dan nomor tersebut akan berbeda dari satu pelanggan dengan pelanggan lain. Kok bisa? ya bisalah kan namanya juga virtual account. Kelebihan dari metode pembayaran ini adalah keakuratan pembayaran dengan transaksi yang dilakukan. Intinya setiap pembayaran melalui BCA Virtual Account ini langsung tertuju ke transaksi yang dilakukan oleh pembeli, pemilik virtual account sudah tidak perlu lagi melihat mutasi perbankan yang njelimet alias memusingkan apalagi transaksi hariannya yang bisa sampai ratusan transaksi. Pucing pala belby dong kalau harus melihat mutasi setiap saat :D.

Gambarannya mungkin seperti ini



Nah jelas yaa gambarannya :D

Terus gimana cara pembayaran atau transfernya??
Tenang, karena pasti tiap perusahaan yang menggunakan BCA Virtual Account akan memberikan petunjuk tata cara pembayarannya.
Seperti yang saya dapat juga dari Lazada.
Saat anda selesai melakukan pembayaran, biasanya akan ada email masuk ke inbox anda dan di situ dijelaskan tentang cara transfer dengan BCA Virtual Account, baik melalui ATM, M-BCA, KLIK BCA atau Teller.

Berikut sekilas petunjuk yang saya dapat dari Lazada via email :

Nomor Pemesanan : XXXXXXXXX

 
Dear NAMA ANDA ,
Terima kasih telah berbelanja di Lazada.co.id.
Anda dapat transfer via ATM atau Internet Banking. Mohon lakukan pembayaran dalam jangka waktu kurang dari 24 jam. Jika tidak pesanan Anda akan dibatalkan.

KlikBCA

  • Login pada aplikasi KlikBCA, masukkan user ID & PIN
  • Pilih "Transfer Dana", kemudian pilih "Transfer ke BCA Virtual Account"
  • Masukkan no. BCA Virtual Account XXXXXXXXXXXXXX & klik "Lanjutkan"
  • Masukan nominal yang ditransfer, isi kolom "Berita" dengan nama Anda & klik "Lanjut"
  • Pastikan data yang dimasukkan sudah benar, dan Input "Respon KeyBCA", lalu klik "Kirim"

ATM BCA

  • Masukkan kartu ATM kemudian masukkan nomor PIN Anda
  • Pilih "Transaksi lainnya", kemudian pilih "Transfer"
  • Silahkan masukkan no. BCA Virtual Account XXXXXXXXXXXXXX, lalu tekan "Benar"
  • Masukkan jumlah yang transfer
  • Periksa kembali data transaksi kemudian tekan "Benar"
Setelah pembayaran anda berhasil, anda akan menerima email konfirmasi dengan rincian informasi pada pesanan anda berikut dengan estimasi tanggal pengiriman.

Nah itu petunjuknya jelas banget kan yaa..
Kembali ke cerita pengalaman saya transfer ke BCA Virtual Account ini.
Singkat cerita saya ambil handphone jadul saya, maklum remaja jadul hapenya juga jadul haha.
Lho kok Hape jadul? Jangan aneh meski jadul nih hape punya sejarah :D
Skip.. skip...skip...
Lantas Saya buka menu mBCA yang ada di hape jadul saya dan saya ikuti petunjuk yang diberikan Lazada tadi yaitu menggunakan mBCA.
Saya Buka Menu m-Transfer dan Lho kok yang keluar bukan pilihan BCA Virtual Account, Tapi malah pilihan Antar Rek. dan Antar Bank.
Saya coba pilih dulu antar Rek. namun yang keluar pilihan mata uang RP, USD, SGD.
Bingung sendiri nih jadinya, padahal dipetunjuk email harusnya ada pilihan BCA Virtual Account.
Akhirnya kepikiran macam-macam, "ya gak jadi deh punya sepatu murah yang nggak murahannya" :(.

Penasaran dengan hal ini, akhirnya googling juga, saya coba cari Cara Transfer BCA Virtual Account dengan Hape Jadul X_X.
Dan akhirnya ketemu juga caranya di sini (PDF File), ternyata ada dua versi mBCA yaitu mBCA dan mBCA STK (mBCA Hape Jadul kali ya :D).

Caranya seperti ini :
m-BCA (STK)
Langkah-langkah transaksi BCA Virtual Account melalui m-BCA (STK)
1. Pilih m-BCA
2. Pilih m-Payment
3. Pilih Lainnya
4. Masukkan TVA pada Nama PT, lalu OK
5. Masukkan nomor BCA Virtual Account pada No. Pelanggan, lalu OK
6. Masukkan PIN m-BCA, lalu OK
7. Pilih Pilih nomor rekening yang akan didebet, lalu lanjut
8. Akan muncul konfirmasi pembayaran, lalu pilih OK
Masukkan jumlah bayar dan berita, atau
Masukkan berita
9. Ikuti langkah selanjutnya sampai transaksi selesai

Langsung saja saya ikuti cara tersebut, dan ahaha akhirnya bisa juga saya bertransaksi BCA Virtual Account dengan hape jadul saya. Jadi Dong punya sepatu barunya buat lebaran, eh enggak ding buat kerja kuli aja hehe.

Nah itu segelintir pengalaman baru saya hari ini, kenapa saya sebut baru, karena beberapa waktu sebelumnya Lazada belum menggunakan metode pembayaran ini, makanya saya sendiri sempet bingung. Semoga saja tulisan semerawut saya ini bisa berguna bagi anda yang mungkin mengalami hal yang sama tentang cara transfer BCA Virtual Account menggunakan mBCA STK.

Comments

  1. TVA tu singkatan apa bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan Itu Kode untuk Transaksi Virtual Account atau Transfer Virtual Account

      CMIIW

      Delete
  2. Terimakasih kak sangat bermanfaat infonya:) btw, kalau lewat atm, dr tutorial diatas itu kayaknya sama ya kak caranya seperti transfer biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupz, kalo lewat atm transaksi transfer seperti biasa :)

      Delete
  3. Saya mw transfer gagal terus kenapa ya??

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengembalikan Teman Facebook yang Disembunyikan

Mungkin diantara anda ada yang masih bingung cara untuk mengembalikan teman yang di hide/sembunyikan di facebook. Trik berikut adalah cara agar teman yang telah disembunyikan di halaman beranda / home facebook bisa muncul kembali di halaman tersebut. Setelah anda login ke halaman beranda/home facebook anda, geser scrollbar browser anda hingga ke bagian paling bawah.

Candy Crush Error Connect Facebook

Siapa yang kenal dengan game android yang satu ini, mungkin hampir tiap orang pernah main atau setidaknya melihat temannya sendiri memainkan game ini. Yupz Candy Crush Soda Saga, salah satu game yang cukup populer dikalangan pengguna android. Game yang cukup ringan namun memang terbukti seru untuk mengisi kesenggangan waktu apalagi disaat bulan puasa seperti saat ini. Sedikit kutipan dari Google play mengenai game ini Candy Crush Soda Saga is a brand new game from the makers of the legendary Candy Crush Saga. New candies, more divine combinations and challenging game modes brimming with purple soda! Candy Crush Soda Saga is completely free to play, but some in-game items such as extra moves or lives will require payment.

Browsing Internet Dengan Lynx Text Browser

Sebelumnya saya jelaskan dulu apa itu Lynx Text Browser Lynx adalah salah satu standar text browser dan harus dimiliki oleh para web designer untuk memeriksa asesibilitas web yang mereka buat. Dan meskipun banyak alternatif lain, Lynx tetap menjadi titik acuan standar text browser. Browser grafis yang menawarkan emulasi text browser, bukan merupakan alternatif yang bisa diandalkan. Lynx adalah produk dari Distributed Computing Group pada Academic Computing Services dari University of Kansas, dan pada awalnya dikembangkan pada 1992 oleh tim mahasiswa di universitas (Lou Montulli, Michael Grobe dan Charles Rezac) sebagai sebuah hypertext browser yang digunakan semata-mata untuk mendistribusikan informasi kampus sebagai bagian dari Campus-Wide Information Server. Pada tahun 1993 ditambahkan Montulli Internet antarmuka dan merilis versi baru (2,0) dari browser. [1] [2] Garrett Blythe menciptakan DosLynx dan kemudian bergabung dengan Lynx. Pada tahun 1995, Lynx dirilis di bawah GNU General