Skip to main content

Server Down oleh Botnet Attack

Server Down mungkin hal yang sudah biasa lagi bagi sebagian pemilik situs. Namun bagi saya pribadi yang notabene baru pertama ini mempunyai server hosting, merasa sangat kecewa, dikarenakan ternyata ini terjadi terlalu sering pada hostingan yang saya gunakan.

Semalam dari kurang lebih mulai pukul 19.00 Neotutorial.com tidak bisa di akses, saya pikir mungkin ini adalah hal yang biasa karena beberapa hari yang lalu pun hosting saya juga sering down namun tidak terjadi lama.

Penasaran dengan apa yang sebenarnya yang terjadi lantas saya tanyakan sendiri pada reseller hostingan ini. Namun tak ada respon.

Makin penasaran juga karena server down kali ini lebih lama dari biasanya, sudah hampir satu jam saya menunggu. Namun tidak ada tanda-tanda kalau server hostingan saya akan hidup.

Akhirnya saya sendiri coba untuk menelusuri apa gerangan yang terjadi, apakah ini terjadi pada saya sendiri atau berlaku dengan yang lainnya juga yang satu server dengan saya.

Dengan menggunakan tool online reverse IP lookup yang berguna untuk menemukan situs lain yang satu hosting dengan saya pada web server yang sama, dengan cara memasukan IP Address server hostingan saya. Dan di sana saya menemukan sekitar 19 Domain yang satu hostingan dengan situs ini.

Lalu saya coba putuskan untuk membuka satu persatu domain tersebut, hmmm ternyata situs mereka pun down dan tidak bisa di akses. Agak lega memang setelah tau kalau ternyata ini tidak terjadi pada situs ini saja. Namun justru saya pun khawatir, mungkinkah ada sesuatu yang fatal yang terjadi pada hosting ini. Akhirnya saya hanya bisa pasrah menunggu server hostingan bisa hidup lagi.

Dan akhirnya pagi ini saya mendapat penjelasan mengenai kejadian tadi malam, saya menerima email dari reseller hosting yang menjelaskan bahwa alasan kenapa semalam hosting bisa down ini diakibatkan adanya botnet attack secara besar-besaran pada server hosting.

Berikut kutipan emailnya
====================
We are extremely sorry for today's downtime. There was a major botnet attack and it took a big effort to prevent it. We are working on this issue and hardening our security to prevent such an attack in future. Since this was the first time that we faced such an attack it took sometime to resolve it. We are looking forward for your cooperation.

Thank you for cooperating.
====================

Moga saja kejadian ini tidak terjadi lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengembalikan Teman Facebook yang Disembunyikan

Mungkin diantara anda ada yang masih bingung cara untuk mengembalikan teman yang di hide/sembunyikan di facebook. Trik berikut adalah cara agar teman yang telah disembunyikan di halaman beranda / home facebook bisa muncul kembali di halaman tersebut. Setelah anda login ke halaman beranda/home facebook anda, geser scrollbar browser anda hingga ke bagian paling bawah.

Candy Crush Error Connect Facebook

Siapa yang kenal dengan game android yang satu ini, mungkin hampir tiap orang pernah main atau setidaknya melihat temannya sendiri memainkan game ini. Yupz Candy Crush Soda Saga, salah satu game yang cukup populer dikalangan pengguna android. Game yang cukup ringan namun memang terbukti seru untuk mengisi kesenggangan waktu apalagi disaat bulan puasa seperti saat ini. Sedikit kutipan dari Google play mengenai game ini Candy Crush Soda Saga is a brand new game from the makers of the legendary Candy Crush Saga. New candies, more divine combinations and challenging game modes brimming with purple soda! Candy Crush Soda Saga is completely free to play, but some in-game items such as extra moves or lives will require payment.

Redirect Link Mi Browser to Google Chrome on Android in Elementor Wordpress

Ini adalah tutorial untuk mengarahkan atau redirect user yang mengunjungi website undangan  wordpress kita yang menggunakan browser bawaan ponsel xiaomi yaitu Mi Browser. Seperti yang kita ketahui browser bawaan ponsel itu biasanya berbeda dengan browser standar yang kita kenal. Meski menggunakan engine dari browser standar tapi biasanya ada beberapa fitur yang nyeleneh. Dan script di tutorial ini hanya akan berjalan jika pengunjung website menggunakan, browser bawaan ponsel xiaomi yaitu Mi Browser. Salah satu contoh pada Mi Browser, saat halaman website kita dalam keadaan fullscreen, layar pada ponsel android akan otomatis landscape, padahal seharusnya tetap pada mode portrait. Selain itu, pada update terbaru Mi Browser, ada tambahan fitur tombol mengambang yang memungkinkan pengunjung mendownload asset seperti gambar, video dan lainnya di website kita. That's sucks, isn't it??? Sekarang kita langsung ke tutorialnya. Disclaimer, tutorial ini hanya untuk anda yang meng