Skip to main content

Apa itu Bandwidth? APA YANG KITA BAYAR DARI KONEKSI INTERNET?

Apa itu Bandwidth?
Bandwidth adalah ukuran banyak data yang dapat ditransfer dalam satuan waktu tertentu pada medium tertentu antar 2 titik lokasi.

Semakin BESAR Bandwidth sebuah koneksi, semakin CEPAT koneksi Internet.


SATUAN Bandwidth?

Satuan Bandwidth adalah bits per second (bps).
Contoh: bandwidth sebuah koneksi Internet adalah 60 Mbps artinya koneksi Internet tersebut mampu untuk memindahkan maksimal sebanyak 60 juta bit data tiap detiknya.


BENTUK FISIK BANDWIDTH?

Sebenarnya representasi fisik Bandwidth itu yang mana sih?

Kalo analoginya instalasi  pipa air di rumah, maka besar/kecil Bandwidth sama dengan besar/kecil Diameter PIPA Air yang dipasang. itu aja!
Kalo kita ingin Bandwidth nya Besar, ya pasang aja “Pipa” nya yang besar.

Nah kalo di koneksi Internet, kalo pengin Koneksi Internet CEPAT maka ya Pasang aja FIBER OPTIC (mampu mengalirkan 100 Mbps hingga 100 Gbps sejauh 10 km untuk kabel singlemode, dan 100 Mbps hingga 9,92 Gbps sejauh 2 km untuk kabel multimode).

Kalo pengin lebih murah namun lebih lambat ya pake UTP untuk kecepatan 10 Mbps hingga 1 Gbps sejauh 100 m.


LALU APA YANG KITA BAYAR DARI KONEKSI INTERNET?

Pada dasarnya, saat saya membayar koneksi Internet ke provider Internet (misal Telkom)

saya membayar jasa Koneksi jaringan komputer yang mereka sediakan di luar jaringan rumah/kantor saya (termasuk di dalamnya Fiber Optic, server, keamanan, dll).

Karena tanpa koneksi jaringan mereka maka tentu saya tidak dapat mengakses data atau informasi dari Server di luar jaringan rumah/kantor saya (misal server Google).

Jadi pada dasarnya “Berlangganan Internet” adalah “Berlangganan SEWA JALAN”

Nah semakin Besar jatah JALAN yang kita sewa (Bandwidth) semakin Cepat Koneksi Internet dari & ke Jaringan rumah/kantor kita.


Data Plan = Jatah Data.

Menariknya untuk nyari penghasilan lebih, Provider Internet seringkali mengenakan tarif sewa

Bukan hanya berdasarkan “lebar” jalan yang kita sewa, namun juga berdasarkan Volume Data yang sudah mengalir di jalan yang kita sewa itu, yang disebut “Data Plan” atau Jatah Data maksimal yang didownload dan upload.

Ibarat Jalan Raya, si Provider Internet pinter nyari duwit yakni menarik Biaya untuk “lebar Jalan” yang dia sewakan + membatasi jumlah “mobil” yang melewatinya bahkan pake Batasan Waktu lagi!

Misalnya Paket Simpati 3 GB 1 hari artinya batas maksimal data yang didownload+diupload adalah 3 GB atau maksimal 1 hari harus digunakan atau expired musti bayar lagi

Tapi banyak juga kok Provider Internet yang tidak mengenakan batasan Data yang lewat alias dengan istilah “UNLIMITED DATA”.


Dedicated vs. Up To.

Trik Provider Internet lainnya adalah dengan menggunakan istilah “Up to” (misal Up to 30 Mbps)

yang artinya jalan koneksi Internet yang disewakan ke kita sebenarnya digunakan bareng-bareng ama konsumen lainnya sehingga kecepatan bandwidth nya Tidak Dijamin selalu 30 Mbps, namun tergantung seberapa sibuk jalan tersebut.

Memang bisa mencapai 30 Mbps sih kalo emang sepi misal tengah malam

Dengan demikian lebih stabil kecepatan koneksi Internet kita apabila kita menyewa paket DEDICATED artinya Provider Internet menjamin  lebar”jalan” khusus yang memang hanya digunakan oleh kita (tidak dipake orang lain).


Disadur dari :
https://egovernmentindonesia.wordpress.com/2018/05/19/bandwidth-menghitung-kebutuhannya-cara-sederhana-memahaminya/

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengembalikan Teman Facebook yang Disembunyikan

Mungkin diantara anda ada yang masih bingung cara untuk mengembalikan teman yang di hide/sembunyikan di facebook. Trik berikut adalah cara agar teman yang telah disembunyikan di halaman beranda / home facebook bisa muncul kembali di halaman tersebut. Setelah anda login ke halaman beranda/home facebook anda, geser scrollbar browser anda hingga ke bagian paling bawah.

Candy Crush Error Connect Facebook

Siapa yang kenal dengan game android yang satu ini, mungkin hampir tiap orang pernah main atau setidaknya melihat temannya sendiri memainkan game ini. Yupz Candy Crush Soda Saga, salah satu game yang cukup populer dikalangan pengguna android. Game yang cukup ringan namun memang terbukti seru untuk mengisi kesenggangan waktu apalagi disaat bulan puasa seperti saat ini. Sedikit kutipan dari Google play mengenai game ini Candy Crush Soda Saga is a brand new game from the makers of the legendary Candy Crush Saga. New candies, more divine combinations and challenging game modes brimming with purple soda! Candy Crush Soda Saga is completely free to play, but some in-game items such as extra moves or lives will require payment.

Setting Privacy Facebook Agar Recent Activity Tidak Terlihat

Dikarenakan adanya pengaturan privacy baru pada facebook, so trik ini sudah tidak bisa lagi di terapkan pada pengaturan privacy anda. Cara alternatif lain agar tetap bisa facebookan dengan nyaman saya sarankan menggunakan Tweetdeck. Silahkan baca Facebook Via Tweetdeck untuk tata cara instalasi tweetdeck :D. New Update - April 2011 Facebook dengan tampilan halaman beranda/home baru, membuat semua aktivitas teman bisa terlihat di halaman beranda/home kita. Dan hal ini membuat halaman beranda/home facebook kita jadi penuh dengan aktivitas teman yang lain yang kita sendiri sebetulnya tidak mau tau apa yang teman kita kerjakan.